BKPPD Kota Pekalongan Brand Kota Pekalongan World's City of Batik
 

Tingkatkan Keterampilan dan Kualitas, 60 Orang Guru PAUD Ikut Diklat Berjenjang Tingkat Dasar

22 April 2019

Tingkatkan Keterampilan dan Kualitas, 60 Orang Guru PAUD Ikut Diklat Berjenjang Tingkat Dasar

Guna Tingkatkan Keterampilan dan Kualitas Guru PAUD BKPPD Kota Pekalongan adakan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar untuk Pendidik PAUD Kota Pekalongan Tahun 2019 yang dilaksanakan di Ruang Amarta Setda dan Gedung Diklat Kota Pekalongan, Jl. Merbabu No.12  Pekalongan. Kegiatan ini akan berlangsung selama 5 hari kerja, mulai tanggal 22 s.d 26 April 2019 yang tiap harinya mulai pukul 07.30 s/d selesai. Pembukaan Diklat ini dilaksanakan pada tanggal 22 April 2019 di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan oleh Bapak H.M. Saelany Machfudz, SE Selaku Walikota Pekalongan. Diklat ini diikuti  oleh 80 orang guru pendidik PAUD dengan Narasumber dari HIMPAUDI – IGTKI Jawa Tengah, Dinas Pendidikan Kota Pekalongan dan HIMPAUDI - IGTKI Kota Pekalongan.

Diklat ini bertujuan untuk memberikan bekal ilmu kepada pendidik dan tenaga kependidkan PAUD agar mampu memberikan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan kecerdasan anak/secara holistic, meningkatkan ketrampilan pendidik agar mampu mengembangkan metode dan media belajar untuk anak usia dini secara tepat dan efisien, Mengembangkan kemandirian pendidik dalam mendidik anak usia dini dan memperkecil resiko kesalahan mendidik pada anak usia dini.

Adapun materi yang diberikan pada diklat ini antara lain Kebijakan Umum, Kebijakan PAUD, Konsep Dasar PAUD, Perkembangan Anak, Pengenalan Anak Berkebutuhan Khusus, Cara Belajar Anak Usia Dini ( Bermain dengan anak ), Kesehatan Gizi Anak Usia Dini, Komunikasi dalam Pengasuhan, Etika dan Karakter Pendidik PAUD, Penguatan Karakter Pendidik PAUD, Perencanaan Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran serta Kebijakan GTK PAUD dan DIKMAS

Walikota Pekalongan dalam sambutannya mengajak tenaga pendidik utamanya pendidik PAUD untuk meningkatkan kualitas SDM-nya dalam menghadapi Perkembangan dan kemajuan dibidang pendidikan.

“Perkembangan dan kemajuan dibidang pendidikan hendaknya diimbangi dengan peningkatan kualitas SDM yang memadai pula. Kedepan, apabila kita tidak segera berbenah meningkatkan kapasitas dan kompetensi tenaga pendidik, cepat atau pun lambat, kita akan semakin tertinggal.

Dengan demikian, pada kesempatan yang baik ini, kami mengajak kepada seluruh tenaga pendidik di Kota Pekalongan, utamanya para pendidik PAUD, untuk senantiasa terus berupaya meningkatkan kualitas SDM-nya.”, kata Walikota Pekalongan.

Selain itu Walikota Pekalongan juga mengajak kepada segenap peserta diklat agar :

Pertama, mengikuti kegiatan diklat ini sampai dengan selesai, secara bersungguh-sungguh dan rasa tanggung jawab. Hal ini perlu kami ingatkan, agar penyelenggaraan kegiatan ini dapat sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama ;

Kedua, pelajari kembali peraturan perundangan, utamanya yang terkait dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Saudara.

Ketiga, tingkatkan terus semangat kebersamaan, silaturrahim dan koordinasikan setiap permasalahan, utamanya yang menyangkut kedinasan, untuk dapat kita pecahkan bersama-sama. Ketahuilah, bahwa sebagai makhluk sosial, tentunya kita tidak akan dapat menyelesaikan persoalan secara seorang diri. Dengan mengkomunikasikan permasalahan kedinasan, kepada berbagai pihak, baik atasan, rekan kerja maupun pihak yang dinilai berkompeten dengan hal tersebut, diharapkan kita akan mendapatkan solusi terbaik.

 


Share:


Info